RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi
3. Menggunakan
teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menggunakan
teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siki-siku
Indikator
1. Membuktikan
teorema Pythagoras dan syarat berlakunya
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat membuktikan teorema
pythagoras
B.
Materi
Pokok
1.
Teorema Pythagoras
C.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, presentasi, ceramah, dan
pemberian tugas
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
I.
Pendahuluan
1. Guru
mengingatkan kembali pengetahuan awal siswa tentang luas segitiga dan luas
persegi.
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan indicator pencapaian.
3. Guru
mengkonfirmasi metode pembelajaran yang akan digunakan.
II.
Kegiatan
Inti
1. Guru
bersama siswa membahas cara menentukan luas persegi yang posisi sisinya tidak
mendatar, dengan mengingatkan siswa terlebih dahulu tentang rumus luas persegi.
Kemudian mengaitkannya dengan teorema Pythagoras.
2. Siswa
bersama teman sebangkunya berdiskusi dan mengerjakan soal latihan. Guru
memantau kerja tiap kelompok dan memberikan bantuan secukupnya kepada siswa
yang mengalami kesulitan.
3. Siswa
bersama teman sebangkunya berdiskusi dan mengerjakan “kegiatan siswa” . Guru
memantau kerja tiap kelompok dan
memberikan bantuan secukupnya kepada siswa yang mengalami kesulitan.
4. Beberapa
siswa mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil bahasannya ke depan kelas dan
membuka forum Tanya jawab.
5. Guru
mengarahkan pada jawaban yang benar.
6. Guru
bersama siswa menyimpulkan teorema Pythagoras untuk segitiga siku-siku dalam
bentuk rumus.
7. Untuk
mengecek pemahaman, siswa mengerjakan tugas individu atau soal latihan secara
individu , kemudian dipertukarkan dengan teman sebangkunya untuk diperiksa
bersama-sama.
III.
Kegiatan
Penutup
1. Siswa
diminta membuat rangkuman
2. Siswa
dan guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran
3. Guru
memberikan PR ( terlampir ).
E.
Sumber
Belajar
1.
Buku paket matematika SMP kelas VII
2.
Buku penunjang lainnya
3.
Model gambar bidang datar persegi dan
segitiga siku-siku
F.
Penilaian
Jenis Tagihan : Tes
Bentuk tagihan : Uraian
Contoh instrument :
- Buktikanlah bahwa bilangan 6, 8, dan 10 merupakan tripel Pythagoras.?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar